BAB 9 MANUSIA DAN HARAPAN


Pengertian Harapan

1. landasan teori

Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantung paa pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintar. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu : keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.

Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluarga dan anggota masyarakat lainnya. Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.

Menurut Maslow sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :

1. kelangsugnan hidup

2. keamanan

3. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai

4. diakui lingkungan

5. perwujudan cita-cita

SUMBER : http://ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/ilmu-budaya-dasar/manusia-dan-harapan

2. ARTIKEL Foto Miris Balita yang Tubuhnya Terkena Luka Bakar 80%

Johannesburg, Afsel, Saat keluarganya mengadakan barbekyu di malam tahun baru 2012 tiba-tiba lampu yang dipakai untuk menerangi meledak dan mengenai bocah 3 tahun. Ledakan itu membuat si bocah mengalami luka bakar di tubuhnya hingga 80 persen.

Dokter yang merawatnya sempat berpikir si bocah tidak bisa bertahan melihat luka bakarnya yang begitu banyak dan sulit.

Tapi harapan ini meningkat setelah si bocah menjalani operasi cangkok kulit. Dan untuk pertama kalinya foto miris balita yang sudah dicangkok itu dipublikasikan.

Si bocah yang bernama Isabella ‘Pippie’ Kruger berhasil berjuang untuk bertahan hidup setelah mengalami kecelakaan mengerikan akibat cairan pencahayaan yang meledak saat barbekyu malam tahun baru 2012 keluarga di Johannesburg, Afrika Selatan.

Pippie harus dirawat berbulan-bulan sejak tahun baru, dan awal bulan ini ia menjalani operasi inovatif dengan menerbangkan 41 jenis kulit dari Amerika yang akan dicangkokan ke punggung, wajah, dada, lengan dan kaki.

Dokter bedah Ridwan Mia menuturkan hasil operasi pencangkokan kulit ke tubuh Pippie berjalan dengan lancar, meskipun masih terlihat beberapa jaringan parut dalam jumlah yang lebih sedikit.

Sejauh ini cangkokan kulit baru di tubuh Pippie tampaknya menunjukkan respons yang positif dan balita ini juga perlahan-lahan terbangun dari kondisi koma. Dokter berharap kondisinya semakin membaik dan Pippie bisa segera kembali ke rumahnya.

Pippie menjalani operasi inovatif yang melibatkan 41 potongan ‘kloning’ kulit yang diterbangkan dari Amerika. Kulit ini ditumbuhkan di laboratorium di Boston, Massachusetts dengan menggunakan sel yang dipanen dari tubuh Pippie yang berhasil diselamatkan.

Kulit ini sendiri harus disimpan pada suhu 2-8 derajat celsius dan hanya bisa bertahan selama 24 jam, sementara penerbangan dari Amerika-Afrika mencapai 21 jam. Untuk itu dibutuhkan gerak cepat dan kulit ini berhasil tiba di rumah sakit hanya 16 menit dari saat pesawat mendarat.

“Semuanya berjalan cukup lancar, meski saat pertama kali bertemu dengannya di bulan Januari saya tidak punya harapan banyak bahwa ia bisa bertahan hidup,” ujar Dr Ridwan Mia, ahli bedah plastik dan rekonstruksi di rumah sakit di Johannesburg, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (29/6/2012).

Dr Mia menuturkan Pippie sempat mengalami bengkak akibat luka-lukanya ini sehingga tubuhnya jadi 3 kali lebih besar. Selama berbulan-bulan di rawat di rumah sakit ia harus berjuang melawan pneumonia, gagal ginjal dan beberapa kali serangan jantung.

Dokter akhirnya berhasil menstabilkan kondisi Pippie sehingga operasi transplantasi kulit yang kompleks bisa dilakukan. Prosedur ini telah digunakan berkali-kali di Amerika dan Eropa tapi jarang di Afrika.

Kulit yang berhasil dikloning ini berbentuk halus, tipis dan hampir transparan. Dr Mia yang melakukan prosedur ini mengungkapkan bahwa ia bekerja seperti dikejar waktu karena harus dicangkokan maksimal dalam waktu 24 jam.

Setelah berhasil dicangkokan dan Pippie keluar dari ruang operasi, sang ayah Erwin Kruger dan istri Anice Kruger yang selalu berada di samping tempat tidur putrinya tampak lega.

Selama seminggu setelah operasi, Pippie akan dibungkus oleh busa dan pakaian pelindung yang harus diganti. Namun perjuangannya belumlah usai, karena ada tantangan yang dihadapi yaitu harus memastikan tetap bebas dari infeksi serta mencegah kulit barunya bergeser.

Hal ini karena cangkokan kulit tersebut halus dan rawan sobek, sehingga dokter harus terus membius Pippie untuk meminimalkan risiko kulit yang robek.

“Cangkok kulit ini telah berhasil berjalan dengan baik selama 2 minggu, namun saya optimis nantinya akan menjadi lebih baik lagi karena ia adalah seorang pejuang,” ujar Dr Mia.

SUMBER :

http://health.detik.com/read/2012/06/29/152829/1954135/1202/foto-miris-balita-yang-tubuhnya-terkena-luka-bakar-80

3.ANALISA ARTIKEL

Dalam Artikel ini saya akan membahasa tentang harapan semua orang yang apabila membaca artikel ini. Pasien bernama “Isabella ‘Pippie” yang berasal dari Johannesburg, Afsel yang terkena ledakan saat pesta tahun baru 2012 mengalami luka bakar hingga 80 persen. Dokter yang merawatnya pun berfikir anak ini tidak akan bias diselamatkan karena luka bakar yang dideritanya cukup parah , tapi setelah menjalankan beberapa tahap operasi dan pencangkokan kulit akhirnya Isabella dapat disembuhnya walau belum sembuh total tapi keluarga dan pihak rumah sakit berharap dia akan selamat dan bisa kembali hidup seperti anak-anak biasanya. Isabella merupakan anak yang cukup kuat sehingga dia bisa bertahan hidup hingga saat ini, ibunya pun berfikir dia adalah seorang pejuang jadi dia yakin anaknya pasti bisa sembuh.

Semua orang mempunyai harapan dalam hidup, dalam keadaan apapun dan dimana pun. Jangan putus asa apabila kita mendapat sesuatu yang sulit , berusaha itu penting untuk mencapai suatu harapan.  Begitu pun yang terdapat pada artikel ini keluarga dan pihak rumah sakit pun terus berharap dan berpikir optimis karena mereka yakin pasti bisa , begitu pun dengan si anak yang begitu kuat dan mempunyai kemauan untuk sembuh.

Jadi janganlah putus asa dulu kita harus berusaha dan berharap, walaupun hasilnya tidak sesua dengan harapan setidaknya kita sudah mau berusaha untuk mencapai harapan itu. Harapan dan cita-cita pun mempunyai arti yang sama, kedua kata ini memiliki arti untuk kita berusaha dalam hidup. Apabila kita mempunyai cita-cita pasti kita harus melalukan sesuatu agar cita-cita tersebut bisa tercapai , begitu pun dengan harapan . Harapan dan cita-cita kita akan berujung dengan masa depan , kita berusaha untuk mencapai sesuatu yang baik di masa depan kita nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: