BAB 7 MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


MENJELASKAN TENTANG TANGGUNG JAWAB

1. Pengertian tanggung jawab
Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menaggung, memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian hidup manusia ,bahwa setiap manusia di bebani dengan tangung jawab.apabila di kaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.
Tanggung jawab adalah cirri manusia yang beradab.manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan .


2. Kerusakan Trans-Jogja Tanggung Jawab Operator

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai perusahaan operator bus Trans-Jogja, PT Jogja Tugu Trans dinilai bertanggung jawab memikul pembiayaan perbaikan Air Condioner atau pendingin udara 20 bus Trans Jogja yang rusak. Namun, PT JTT menolak dan akan mengajukan permohonan dana perbaikan bus kepada Pemerintah Provinsi DIY .

“Berdasarkan pasal 5 perjanjian kerjasama antara Pemprov DIY dengan PT JTT (Jogja Tugu Trans) dinyatakan, pihak kedua bertanggung jawab terhadap pengelolaan sehingga kerusakan itu menjadi tanggung jawab PT JTT, ungkap Anggota Komisi C DPRD DI Yogyakarta Sudrajat Selorudjito, Selasa (5 /4) dalam rapat kerja dengan PT JTT di DPRD DIY.

Eddiyanto Abdulah anggota Komisi C menyayangkan PT JTT tidak memanfaatkan masa garansi enam bulan dari p erusahaan karoseri agar bisa memperbaiki AC, kerusakan pintu, serta body bus yang bocor. Padahal, tanda ketidaknormalan sistem AC dan body bus dari 20 bus Trans Jogja bantuan pemerintah pusat, sudah dirasakan sejak awal bus diterima. “Kalau sekarang baru dilaporkan, garansi kan sudah habis,” katanya.

Direktur PT JTT Poerwanto Johan Riyadi mengatakan, ketidaknormalan kondisi bus dirasakan sejak awal. P ihaknya mengaku sudah beberapa kali melaporkan itu kepada Dinas Perhubungan Provinsi DIY sebagai penanggungjawab program Trans Jogja. Beberapa bus sudah mengalami perbaikan body dalam masa garansi, namun perbaikan tidak itu menyeluruh.

Menurut Poerwanto, kerusakan AC bukan kesalahan akibat pengoperasian oleh PT JTT. Akan tetapi karena kesalahan konstruksi pemasangan saluran udara dan body bus yang tidak sempurna sehingga ada kebocoran di body bus. Pintu geser yang menggunakan sistem mekanis ternyata juga mengganggu kinerja AC sehingga tidak bisa dingin. Akibat dipaksa bekerja maksimal, AC sering mengalami kerusakan. PT JTT sudah berupaya memperbaiki kerusakan namun rusak kembali.

Karena itu, menurut Poerwanto, biaya perbaikan body dan penggantian AC bukanlah tanggung jawab PT JTT. Untuk itu, PT JTT segera mengirimkan surat pengajuan dana renovasi total 20 bus dengan biaya sebesar Rp 2 miliar kepada Pemprov DIY. Dana akan digunakan, Rp 60 juta untuk membeli AC baru, Rp 40 juta untuk merenovasi body bus.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi DIY yang juga Pelaksana Tugas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans-Jogja Sigit Haryanto mengakui, kondisi bus sudah tidak normal dari awal. Pihaknya akan mengecek siapa yang bertangung jawab memikul Rp 2 miliar, apakah PT JTT, Pemprov DIY atau Pemerintah kota Yogyakarta. Sebab, 20 bus itu adalah milik Pemkot Yogyakarta yang dipin jampakaikan ke Pemprov DY. Pemprov akan berkoordinasi dengan Pemkot soal pembiayaan 20 bus yang rusak.

Sigit mengatakan, diperlukan rehab body total agar A C bisa mendinginkan bus karena adanya kesalahan konstruksi body. Untuk solusi sementara, salah satu pilihan yang bisa diambil adalah mengganti sementara 20 bus yang rusak dengan 20 bus baru Trans-jogja bantuan dari pemeirntah pusat. Bus baru itu akan segera dikirim ke DIY.

sumber : http://nasional.kompas.com/read/2009/05/05/21124767/function.simplexml-load-file

3. Pendapat dan Teori

            Dalam artikel bab 7 ini menjelaskan tentang manusia dan tanggung ajwab , arti kata tanggung jawab dalam kamus besar bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab timbul karena telah diterima wewenang. Tanggung jawab juga membentuk hubungan tertentu antara pemberi wewenang dan penerima wewenang. Jadi tanggung jawab seimbang dengan wewenang. Menurut saya rasa tanggung jawab merupakan suatu kewajiban yang dimana manusia harus menanggung semua yang diperbuatnya dan tanggung jawab pun di miliki semua orang , tapi terkadang orang masih banyak melupakan tanggung jawabnya , saya pun terkadang masih lupa dengan tanggung jawab saya , manusia tidak ada yang sempurna dan sering melalaikan tanggung jawabnya .

            Tetapi tanggung jawab itu harus di kita lakukan sesuai dengan apa yang kita perbuat . Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku dan perbuatannya yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Sebuah tanggung jawab dapat menilai manusia itu baik atau buruk karena tanggung jawab pun merupakan salah satu mencirikan manusia yang beradab. Contoh dalam artikel tentang “Kerusakan Trans-Jogja Tanggung Jawab Operator”  yang tertulis didalam artikel ini pihak “PT JTT menolak dan akan mengajukan permohonan dana perbaikan bus kepada Pemerintah Provinsi DIY” padahal dalam perjanjiannya mereka bertanggung jawab atas semua kerusakannya tapi setelah diminta untuk bertanggung jawab mereka malah menolaknya, ini lah salah satu contoh rasa tanggung jawab. Apabila perusahan ini tidak mau mempertanggung jawab kannya maka akan berdampak buruk atas kerusakan yang tidak mau diperbaikinya.

                Tanggung jawb pun dibagi beberapa macam , seperti tanggung jawab kepada diri sendiri,  tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab kepada negara dan yang paling utama adalah tanggung jawab terhadap tuhan. Semua manusia pasti mempunyai tuhan atau agamanya , manusia harus bertanggung jawab atas apa tugas tugas yang menjadi kewajibannya untuk beribadah. Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia agar tanggung jawab langsung terhadap tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam jenis agama. Menerima hukuman di akhirat nanti atas apa yang telah kita lakukan selama hidup didunia ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: