BAB 4 MANUSIA DAN KEINDAHAN


PENGERTIAN KEINDAHAN

1. Manusia dan Keindahan

Manusia adalah sesuatu yang indah, karena mereka menyukai terhadap keindahanalam maupun terhadap keindahan seni. Keindahan alam adalah ‘keharmonisan yangmenakjubkan dan hukum-hukum alam”, yang dibukakan untuk mereka yang mempunyaikemampuan untuk menerimanya. Sedangkan keindahan seni adalah keindahan buatan atauhasil ciptaan manusia, yaitu buatan seseorang (seniman) yang mempunyai bakat untuk menciptakan sesuatu yang indah, scbuah karya seni.
sumber : http://www.scribd.com/doc/67315244/35/PENGERTIAN-KEINDAHAN

A. pengertian Keindahan

Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

Pengalaman “keindahan” sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau “keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.””

Kata benda Yunani klasik untuk “keindahan ” adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk “indah” itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ὡραῖος, hōraios,  kata sifat etimologis berasal dari kata ὥρα, hora, yang berarti “jam.” Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan “berada di jam (waktu) yang sepatutnya.”

Sebuah buah yang matang (pada waktunya) dianggap indah, sedangkan seorang wanita muda mencoba untuk tampil lebih tua atau seorang wanita tua mencoba untuk tampil lebih muda tidak akan dianggap cantik. Dalam bahasa Yunani Attic, hōraios memiliki banyak makna, termasuk “muda” dan “usia matang.”

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan

B. Keelokan pada Manusia

Wanita yang elok rupanya disebut “cantik” atau “ayu”, sementara pria yang rupawan disebut “tampan” atau “ganteng” di dalam masyarakat. Sifat dan ciri seseorang yang dianggap “elok”, apakah secara individu atau dengan konsensus masyarakat, sering didasarkan pada beberapa kombinasi dari Inner Beauty (keelokan yang ada di dalam), yang meliputi faktor-faktor psikologis seperti kepribadian, kecerdasan, keanggunan, kesopanan, kharisma, integritas, dan kesesuaian, dan Outer Beauty (keelokan yang ada di luar), yaitu daya tarik fisik yang meliputi faktor fisik, seperti kesehatan, kemudaan, simetri wajah, dan struktur kulit wajah.

Standar kecantikan/ketampanan selalu berkembang, berdasarkan apa yang dianggap suatu budaya tertentu sebagai berharga. Lukisan sejarah memperlihatkan berbagai standar yang berbeda untuk keelokan manusia. Namun manusia yang relatif muda, dengan kulit halus, tubuh proporsional, dan fitur biasa, secara tradisional dianggap paling elok sepanjang sejarah.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan

C. Contoh Artikel Keindahan Alam Lembang Menggoda Wisatawan

Suasana yang nyaman, sejuk, dan bersih, kerap menjadi pilihan masyarakat kota untuk melepaskan kejenuhan aktivitas sehari-hari. Merujuk hal tersebut dapat dipastikan keindahan alam yang asri menjadi pilihan utama. Sebut saja obyek wisata kawasan Lembang dan Gunung Tangkuban Perahu di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kedua tempat ini sangat cocok untuk melepas kepenatan sambil menikmati keindahan alam. Di samping memiliki hawa sejuk, alam permai yang membentang di sepanjang poros Purwakarta-Lembang dengan panorama perkebunan di sisi kanan-kiri jalan sangat menggoda orang untuk berwisata. Hal ini terbukti saat SCTV mendatangi kedua tempat tersebut, baru-baru ini.

Jarak kedua obyek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Bandung ini tak berjauhan. Tak heran, jika kondisi alam kedua obyek wisata tersebut hampir sama. Hawa yang dingin dengan pemandangan yang hijau menjadi satu di antara ciri khas kedua tempat obyek wisata ini. Gunung Tangkuban Perahu, misalnya. Kawasan ini adalah lereng terjal bergelombang dengan ketinggian 150 meter hingga 2.684 meter di atas permukaan laut. Gunung tersebut mempunyai empat kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Jurig. Di sini dapat dilihat lipatan dan patahan geologi dan vulkanologi yang menampilkan pemandangan yang indah. Fasilitas jalan pun sudah beraspal hingga ke sisi kawah.

Tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, bisa dinikmati keindahan kawasan Lembang. Di kawasan pegunungan ini dapat dilihat berbagai perkebunan. Kawasan ini memang cocok buat menanam tanaman yang hanya tumbuh dengan kondisi yang dingin. Perkebunan stroberi, misalnya. Buah yang kerap menghiasi aneka macam kue dan minuman segar ini memang hanya bisa tumbuh di kawasan yang memiliki suhu dingin. Tak heran, jika di kawasan ini kerap ditemui hamparan tanaman yang identik dengan wilayah Lembang.

Kondisi yang menggoda kadang tak menjadi jaminan menjadi tempat tujuan rekreasi. Lokasi yang mudah dilalui juga menjadi satu di antara faktor utama. Lokasi yang terletak sekitar 30 kilometer dari sebelah utara Kota Bandung, membuat kedua obyek wisata dapat dicapai sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor. Ini juga termasuk dengan banyaknya angkutan umum yang melewati kedua obyek wisata tersebut. Jarak tempuh ini kian tak terasa seiring menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan. Dengan segala faktor penunjang tersebut, tak heran jika kedua lokasi wisata di wilayah ini dapat dijadikan pilihan dalam berekreasi bersama keluarga.

sumber : http://berita.liputan6.com/read/56009/keindahan_alam_lembang_menggoda_wisatawan

2. Pendapat tentang bab 4 “Manusia dan Keindahan”

                Dalam artikel ini saya akan membahas tentang manusia dan keindahan, sebelum saya memberi pendapat tentang bab ke-4 “Manusia dan Keindahan” saya akan menjelaskan apa itu manusia dan apa itu keindahan menurut pendapat saya sendiri ? Manusia adalah mahluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan YME yang paling indah dan sempurna , sedangkan keindahan adalah sesuatu yang di lihat cantik, indah , elok , bagus dan sebagainya. Keindahan mempunyai arti yang luas sehingga orang mempunyai pendapat masing-masing tentang apa itu keindahan . Keindahan juga dapat dilihat dari mana saja dan kapan saja. Didunia ini banyak sekali keindahan yang bisa kita lihat contohnya keindahan alam yaitu pantai, pegunungan, danau dan bunga-bunga disekitar kita. Keindahan juga ada di bagian tubuh kita contohnya wajah, bibir, mata ,rambut, hidung , tubuh dan suara.

Jaman sekarang keindahan yang benar-benar alami jarang bisa kita lihat itu semua akibat ulah manusia atau diri kita sendiri yang merusak keindahan yang telah diciptakannya. Contoh seperti keindahan alam “pantai” sekarang pantai yang dulunya airnya jernih dan mempunyai pemandangan yang indah atau disebut “sunset” itu sudah jarang bisa kita lihat , kebanyakan pantai sekarang penuh dengan sampah, zat kimia yang dibuang ke pantai atau laut sehingga membuat ikan dipantai mati dan menyebabkan air menjadi bau amis.

                Begitu juga dengan keindahan tubuh kita sendiri, jaman sekarang tubuh kita pun bisa kita di ubah dengan cara operasi plastik atau zat kimia , padahal keindahan yang alami itu lebih bagus , walaupun orang mengaggap terkadang berbeda-beda atau tidak cantik tapi alangkah lebih baiknya kita mempunyai keindahan tubuh kita yang benar-benar alami atau apa adanya karena belum tentu apabila kita merubah dengan cara operasi plastik itu bisa membuat tubuh kita seperti yang kita inginkan atau lebih bagus lagi,  malah ada yang operasi plastik membuat tubuh kita menjadi lebih buruk dari sebelumnya itu semua akibat zat kimia yang masuk ketubuh kita dan tidak cocok untuk kita , efek-efek dari operasi plastik pun banyak sekali , memang efeknya itu terkadang tidak kelihatan sewaktu abis operasi plastik tapi di masa tua pasti akan kelihatan dan menimbulkan efek sampingnya.

Lebih baik tidak usah sampai operasi plastik , karena keindahan atau kecantikan kita itu ada pada apa yang kita lakukan dan orang lihat. Dan menurut pendapat seseorang yang saya pernah dengar “cantik itu relatif”. Jadi, kalo mau memang tubuh kita selalu indah atau cantik rawatlah dengan cara yang alami juga yang tidak menimbulkan efek samping dihari kelak nanti.  Dan peliharalah semua keindahan yang ada di dunia ini jangan sampai dirusak oleh diri kita sendiri, karena keindahan yang benar-benar indah dapat diciptakan oleh diri kita sendiri😉 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: