BAB 2 CINTA DAN KASIH


DEFINISI KASIH SAYANG 

1. PENGERTIAN KASIH SAYANG

Pengertian Kasih Sayang adalah suatu sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Tuhan baik mahluk hidup maupun benda mati seperti menyayangi diri sendiri sendiri berlandaskan hati nurani yang luhur. Kita sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya untuk terus memupuk rasa kasih sayang terhadap orang lain tanpa membedakan saudara , suku, ras, golongan, warna kulit, kedudukan sosial, jenis kelamin, dan tua atau muda.

Menyayangi adalah membiarkan orang yang kita cintai menjadi dirinya sendiri, tanpa berusaha mengubahnya menjadi yang kita inginkan. Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dirinya

A. Kasih Sayang dalam Keluarga

Keluarga adalah sebagai suatu kesatuan dan pergaulan yang paling awal. Sebagai satu kesatuan merupakan gabungan dari beberapa orang yang ditandai oleh hubungan genelogis dan psikologis yang saling ketergantungan dengan karakteristiknya yang berbeda. Jadi keluarga menggambarkan ikatan atau hubungan di antara anggota keluarganya yang diikat dengan berbagai sistem nilai.

Keluarga dalam bentuk apapun pada hakekatnya merupakan persekutuan hidup, dalam kedudukan inilah lahir berbagai fungsi keluarga. Keluarga merupakan bagian dari lingkungan kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang merupakan bagian dari masyarakat dan bangsa, oleh karena itu kekuatan suatu negara bersumber pada kekuatan keluarga, baik menyangkut kelancaran, keselamatan maupun kelangsungan hidup suatu keluarga. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memelihara iklim emosional keluarga adalah dengan adanya sikap kerjasama dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan anggota keluarganya. kebutuhan-kebutuhan itu meliputi:

– Kebutuhan Akan Rasa Kasih Sayang

Kasih sayang adalah faktor yang cukup penting dalam kehidupan anak, kasih sayang tidak akan dirasakan oleh si anak apabila dalam kehidupannya mengalami hal-hal sebagai berikut :Kehilangan pemeliharaan orang tuanya, Anak merasa tidak diperhatikan , dan kurang disayangi., Orang tua terlalu ambisius dan otoriter, Orang tua yang mempunyai sikap yang berlawanan.

– Kebutuhan Akan Rasa Aman

Seorang anak merasa diterima oleh orang tua apabila dia merasa bahwa kepentingannya diperhatikan serta merasa bahwa ada hubungan yang erat antara si anak dengan keluarganya. Anak yang merasa sungguh-sungguh dicintai oleh orang tua dan keluarganya pada umumnya akan merasa bahagia dan aman.

– Kebutuhan Akan Harga Diri

Setiap anak ingin merasa bahwa ia mempunyai tempat dalam keluarganya, dalam arti bahwa ia ingin diperhatikan, ingin agar ibu dan bapaknya, dan anggota keluarga lainnya mau mendengar dan tidak mengacuhkan apa yang dikatakannya.

– Kebutuhan Akan Rasa Kebebasan

Kebutuhan yang dimaksud disini adalah kebebasan dalam batas-batas kewajaran. Pada umumnya anak menginginkan kebebasan dari orang tuanya dalam hal melakukan berbagai aktifitas dan memiliki teman bergaul.

– Kebutuhan Akan Rasa Sukses

Setiap anak ingin merasa bahwa apa yang diharapkan dari padanya dapat dilakukan sesuai dengan keinginan orang tuanya, karena rasa sukses yang dicapai pada waktu kecil akan berpengaruh pada kehidupan kelak.

– Kebutuhan Akan Mengenal Lingkungan

Kebutuhan anak akan mengenal lingkungannya merupakan salah satu faktor yang penting dalam memberikan rasa bahwa ia memiliki potensi , orang tua harus memperhatikan hal ini dalam mendidik anaknya.

Kasih Sayang dalam Kehidupan Bertetangga

Dalam kehidupan masyarakat pemerintahan yang terkecil adalah rukun tetangga (RT) yang berperan dimana orang-orang yang hidup disekitar wilayahnya tersebut berusaha untuk membuat semacam keteraturan.

Kehidupan yang dicita-citakan akan terlaksana apabila setiap komponen menyadari betapa pentingnya kehidupan yang penuh keteraturan, dan berusaha menjalankan ketentuan yang berlaku.

Nilai yang paling pokok harus dimiliki oleh disetiap anggota oleh suatu kelompok masyarakat adalah adanya rasa memiliki satu sama lainnya, rasa saling mencintai serta rasa saling keterikatan akan menjadikan rasa sadar bahwa kehidupannya akan selalu saling memperhatikan dan tepo seliro serta tidak akan mementingkan diri sendiri.

Organisasi kemasyarakatan mempunyai corak yang bermacam-macam dalam mengembangkan segi sosial dari kehidupan pemuda. Melalui organisasi pemuda berkembanglah kesadaran nasional, kecakapan-kecakapan didalam pergaulan dengan sesama kawan dan sikap yang tepat didalam hubungan antar manusia. Organisasi kewaspadaan seperti Pramuka, PMR, Karang Taruna, dan sebagainya, dapat menumbuhkan sikap dan prilaku kasih sayang sesama anggota.

B. Artikel Kasih Sayang

Tak ada kata yang pantas terucap untukmu ayah. Mungkin engkau bukan orang terdekat. Mungkin engkau juga bukan yang selalu berada disampingku, saat aku bahagia, kecewa bahkan saat aku bersedih hingga meneteskan air mata.

Saat anak-anak pergi sekolah dengan ayahnya yang juga pergi bekerja, kita tidak pernah melakukanya karena kau yang harus berangkat lebih dulu saat matahari belum menampakan cahayanya.

Saat anak-anak menunggu kepulangan ayahnya untuk bermain bersama, tidak dengan aku yang selalu terlelap saat menunggu kepulanganmu yang begitu larut. Andai dapat ku beli waktu kerjamu kala itu, aku rela membayarnya dengan uang jajanku untuk bisa bermain bersamamu.

Kita mungkin bukan pasangan yang baik. Kau sibuk dengan urusanmu, sedangkan aku bermain dengan semua khayalanku.

Saat aku mulai tumbuh besar, kita mulai punya waktu untuk bersama. Tapi bukan untuk bermain melainkan melakukan pekerjaan yang tidak aku inginkan. Seolah kau menindasku, aku jadi tidak suka denganmu. Aku membenci semua tentangmu. Kau marahi aku jika melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan maumu. Kau buat aku merasa lemah dengan ucapan-ucapan kasarmu. Ingin rasanya kau segera tiada dari duniaku, mengakhiri semua penderitaan dalam kehidupanku.

Pernah sekali aku menyalahkanmu atas apa yang terjadi dalam hidupku. Kusadari kau menangis saat ku terbangun sejenak dari tidur lelapku. Lama setelah itu, kupandangi wajahmu saat tertidur lelap, terbayang kerja keras yang kau lakukan untuk membesarkanku. Terbayang letih yang tersimpan dalam dirimu atas kerja keras yang kau lakukan untuk memenuhi kebutuhanku. Seakan tak tahu apa jadinya diri ini jika tanpa kehadiranmu. Tak ingin rasanya kehilanganmu dari sisiku.

Kini aku telah dewasa. Tumbuh menjadi seorang pemuda mandiri yang juga tidak dapat melupakan kasih sayang keluarganya. Kau ajarkan aku menjadi seorang yang siap menjalani kerasnya hidup tanpa melupakan kelembutan hati. Kau ajarkan padaku bagaimana menjadi pribadi yang kuat tanpa melupakan setiap orang punya kelemahan. Kau tanamkan padaku mencapai keberhasilan tanpa melupakan kalau setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Kau buat aku berdiri di jalan yang penuh dengan hambatan dan rintangan agarku dapat menaklukan kerasnya kehidupan. Kau jadikan aku sebagai seorang pemimpin yang sanggup memimpin dirinya sebelum mempunyai kesempatan untuk memimpin orang lain. Dan yang jauh lebih penting dari itu semua adalah kau membuat aku merasa bangga atas semua yang telah kau lakukan untukku.

Karena itulah, aku selalu berdoa ”semoga Tuhan selalu memberi yang terbaik untukmu”
Untuk setiap detak yang terjadi dalam nadi dan jantungku, hatiku berkata ”Terima Kasih Ayah”

sumber : http://www.resensi.net/ayah-terima-kasih/2011/10/#more-1206

2. PENDAPAT SAYA TENTANG KASIH SAYANG 

            Kasih sayang mempunyai arti yang sangat luas , semua orang pasti mempunyai pendapat masing-masing tentang rasa kasih sayang . Kasih sayang juga dibagi menjadi berbagai macam ada kasih sayang kepada orang tua, kasih sayang kepada allah, kasih sayang kepada adik dan kaka ,  kasih sayang kepada pasangan hidupnya dan bukan kepada manusia atau mahluk hidup saja yang mendapat kasih sayang bahkan semua benda mati pun bisa merasakan kasih sayang itu . Begitu indah rasa kasih sayang itu dan mempunyai arti penting bagi mahluk hidup dan mati didunia ini . 

            Cinta dan Kasih adalah dua kata yang hampir sama tetapi mempunyai makna atau arti yang berbeda cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu masa untuk ingin menyayangi dan memiliki, seperti perasaan cinta ibu kepada anak nya, perasaan cinta tuhan kepada umat nya yang bertaqwa.    

            Kasih sayang juga dapat diungkapan melalui perhatian, saling menghormati, tanggung jawab, dan sebagainya . terkadang kasing sayang terhadap orang tua selalu dibandingkan dengan kekasih atau pasangan hidupnya , zaman sekarang kasih sayang orang tua itu  dianggap biasa saja bahkan kasih sayang terhadap kekasih lebih besar dibandingkan kasih sayang terhadap orang tua sendiri .

           Padahal orang tua itu adalah orang yang pertama kali memberi perhatian kepadanya tetapi ketika ada seseorang masuk dalam hidupnya orang tua dijadikan nomor dua dalam hidupnya. Saat orang tua memberi perhatian pada anaknya yang melarang sesuatu hal yang dilakukan anaknya terkadang orang tua suka melarangnya itu dikarena kan mereka peduli ,sangat takut kamu terjerumus kepada hal-hal yang buruk dan sangat takut kehilangan anaknya . Orang tua memberi kasih sayang dengan menyuruh anaknya melakukan hal yang mereka anggap itu baik karna mereka ingin melihat kalian bahagia dan mereka ingin masa depan kalian bagus. Agar kelak suatu saat mereka sudah tidak ada kalian bisa menjadi mandiri dan berhasil .

            Rasa kasih sayang itu hanya bisa dirasakan, tidak bisa dilihat . kasih sayang merupakan sesuatu yang mutlak dan abstrak . kasih sayang ibu terhadap anak nya pun sangat besar bahkan mereka rela mengorbankan demi anaknya , tapi terkadang anak tidak memperdulikan semua itu mereka terkadang menganggap semua itu biasa padahal ibu yang melahirkannya begitu senang apabila melihat anaknya senang berkat dia . Menyayangi ibu dan menjaganya dengan rasa kasih sayang yang tulus pun kita akan mendapat kasih sayang juga dari allah.

            Kasih sayang ibu pun sangat besar, ayah pun juga mempunyai kasih sayang yang besar kepada anaknya. Terkadang juga anak suka memikir kalo orang tua itu pilih kasih padahal orang tua tidak pilih kasih , mereka lebih memperhatikan adik atau kakakmu itu karna mereka mempunyai alsan tertentu tapi bukan bermaksud seperti itu.

            Jadi, gunakan dan manfaatkan lah kasih sayang itu jangan kalian sia-sia kan kasih sayang yang kalian dapat dari orang tua kalian dan semua orang yang sayang pada kalian , karena kalian akan menyesal ketika kalian telah ditinggalkan orang yang menyayangimu dan rasa kasih sayang yang telah kalian dapat kan dari orang-orang yang menyayangimu setelah ditinggalkan mereka itu semua hanya menjadi kenangan terindah yang tidak bisa kalian dapatkan dan ulang kembali seperti yang kalian inginkan.

Sumber: 

http://id.shvoong.com/lifestyle/family-and-relations/2261395-pengertian-kasih-sayang/#ixzz1pRsNGIn9

http://kweeek.blog.com/2010/12/27/definisi-kasih-sayang/

2 Komentar

  1. warsatan

    nice re-post. alangkah baiknya jika menulis sendiri. agar orang bisa memberi masukan, dan bermanfaat untuk diri kita. karena ketika kita meuliskan sesuatu, maka kita secara tidak langsung berpendapat dan telah mewakili diri kita tentang pengetahuan yang kita miliki. but I’m happy to read your re-post.

    -= StickMa Beta Tester =-

  2. warsatan

    re-post, tapi baguslah buat penyebaran informasi. alangkah baiknya jika yang mempunyai blog bisa menulis sendiri, agar kita tahu seberapa jauh pengetahuan pemilik blok tentang apa yang dia tulis dan menjadi tugas kampusnya. hehehehe

    -= StickMa Beta Tester =-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: